Merawat Tali Pusat

Perawatan Bayi Baru Lahir

Merawat tali pusat adalah salah satu tahap dalam rangkaian perawatan bayi baru lahir. Tali pusat adalah saluran yang menghubungkan plasenta dengan perut bayi, dengan begitu, bayi dapat menerima makanan dan oksigen selama di dalam rahim. Dalam proses kelahiran, saluran tersebut dipotong dan menyisakan sedikit tali pusat yang masih menggantung di perut bayi. Dalam waktu 5 hingga 21 hari, tali pusat akan lepas dengan sendirinya. Nah, selama waktu itu, apa hal-hal yang mesti dilakukan untuk merawat tali pusatnya?

Daerah tali pusat harus selalu kering dan bersih. Oleh karena itu, bayi dianjurkan untuk tidak dimandikan di dalam bak mandi plastik sebelum tali pusatnya lepas. Bersihkan tubuh bayi dengan menggunakan sponge atau waslap/washcloth, dan jangan sampai mengenai tali pusatnya. Beberapa ahli menganjurkan untuk membersihkan tali pusat dengan alkohol 70% dan bola kapas, atau dengan kasa steril beralkohol yang lebih praktis. Namun, beberapa ahli lain menyarankan untuk tidak menggunakan alkohol sama sekali dan membiarkan tali pusat kering dengan sendirinya. Anda bisa meminta saran dokter untuk lebih yakin.

Untuk penggunaan diapers, gunakan yang khusus untuk newborn karena biasanya ada sedikit ruang yang disisakan agar tali pusat tidak tertutup oleh diapers. Jika anda menggunakan diapers biasa, cukup lipat bagian depannya, tujuannya adalah untuk mencegah tali pusat terkena urin. Segera hubungi dokter jika tali pusat terkena infeksi dengan ciri-ciri; demam, bayi menangis ketika tali pusatnya tersenggol/tersentuh, keluar darah/nanah, kulit berwarna kemerahan dan bengkak di pangkal tali pusatnya, serta berbau tidak sedap. Semoga tips perawatan bayi baru lahir kali ini bermanfaat untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *