Waduh, Ini Akibatnya Kalau Sering Begadang

Waduh, Ini Akibatnya Kalau Sering Begadang

Tidur larut malam telah menjadi hal yang biasa dewasa ini. Entah itu karena pekerjaan yang belum selesai, susah tidur, atau masih sibuk bermain di social media. Tak heran jika keesokan paginya Anda bangun dengan mata panda dan masih sangat mengantuk.

Biasanya, karena di hari biasa Anda sibuk, kekurangan tidur kemudian dibayar di akhir minggu. Tidur sepanjang hari tampaknya sudah menjadi lifestyle dan kebiasaan baru mereka yang workaholic.

Kalau dihitung, berapa jam Anda tidur setiap harinya? 2 jam? 3 jam? atau 5 jam?

Idealnya memang setiap orang harus beristirahat dan tidur 8 jam setiap hari untuk memulihkan energi dan memberikan waktu bagi tubuh memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak.

Ketahuilah bahwa setiap Anda begadang dan tidur larut malam, kepala rasanya seperti berkabut dan ada gegar otak kecil yang tak pernah Anda sadari. Meskipun kondisi otak akan kembali normal, namun terlalu sering begadang dan kurang tidur bisa sangat berbahaya bagi tubuh.

Inilah beberapa bahaya yang dapat disebabkan bila keseringan begadang:

Berat badan naik

Kenaikan berat badan sangat berhubungan erat dengan kurang tidur. Apalagi jika setiap hari jam tidur Anda kurang dari 6 jam, metabolisme yang membantu membakar lemak akan terganggu. Ditambah lagi Anda ngemil di malam hari, alhasil berat badan akan meningkat lebih cepat.

Sistem immune tubuh melemah

Begadang akan menghancurkan sel darah putih dan membuat sistem immune tubuh melemah. Inilah mengapa mereka yang sering melek di malam hari mudah terserang flu atau masuk angin.

Sindrom susah tidur

Membiasakan diri begadang setiap malam akan membuat Anda terserang sindrom susah tidur. Sindrom ini bahkan dialami sebagian besar pekerja kantoran yang menyebabkan mereka jadi mudah emosi dan berpikiran negatif ketika berkegiatan di siang hari.

Penyakit jantung

Tidur terlalu malam juga mempengaruhi resiko penyakit jantung. Tidak sedikit kasus gagal jantung yang disebabkan seringnya begadang.

Diabetes

Begadang juga dapat memanjakan hormon penyebab stres, alhasil produksi insulin tubuh akan menurun. Hal ini berkaitan erat dengan munculnya diabetes.

Stroke

Hal yang paling sulit dihindari adalah serangan stroke ketika Anda sering begadang. Hal ini disebabkan karena ada serangan jantung yang mendadak, yang memicu kelumpuhan sebagian tubuh.

Tekanan darah tinggi

Kurang istirahat juga menyebabkan tubuh jadi stres. Kalau sudah begitu, seluruh sistem tubuh akan terpengaruh dan menyebabkan tekanan darah jadi tinggi.

Sakit kepala

Apabila setiap pagi Anda bangun dengan rasa sakit kepala berkepanjangan, maka inilah hasil dari kurang tidur. Ada shock kecil yang dialami otak dan apabila dibiarkan dapat menyebabkan kerusakan pada otak.

Bagaimana Fenicie, masih nekat ingin begadang setiap malam? Sebaiknya Anda pertimbangkan lagi kebiasaan tidur tidak sehat Anda itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *